Letak dan Luas Benua Eropa




Ikon Benua Eropa

Nama Eropa diambil dari nama dewi dalam mitologi Yunani Europa. Dalam mitologi Yunani, Europe (bahasa Yunani: Ευρώπη Eurṓpē) adalah seorang putri Punisia. Namanya dijadikan sebagai nama benua Eropa. Menurut Hesiodos, Europe adalah anak perempuan Okeanos dan Tethis. Kisah penculikan Europe oleh Zeus yang menyamar sebagai seekor banteng merupakan kisah yang berasal dari Kreta.
Benua Eropa menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di dunia. Benua Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas sekitar 10,35 juta km2. Letak Astronomis Eropa yaitu 35 LU - 80 LU dan 9 BB - 60 BT. 

Batas benua Eropa dan Benua Asia (Timur) yaitu Pegunungan Ural, Selat Dardanella dan Laut Kaspia.
Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
Sebelah Utara berbatasan dengan Samudera Arktik
Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah


Benua Eropa

Berdasarkan perbedaan kondisi fisik dan budaya, Eropa dibagi menjadi 4 kawasan meliputi Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan dan Eropa Utara. Namun demikian pembagian kawasan ini mulai pudar seiiring terbentuknya Uni Eropa. 
Uni Eropa merupakan lembaga ekonomi dan politik yang beranggotakan negara-negara Eropa. Uni Eropa bertujuan meningkatkan kemajuan perekonomian negara-negara di Eropa. Lembaga tersebut juga bertujuan meningkatkan peran Eropa dalam hubungan internasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar