Mengenal Negara-Negara ASEAN


Association of South East Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini terbentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok yang ditandatangani pada tanggal 8 Agustus 1967. Awalnya ASEAN beranggotakan lima (5) negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Hingga saat ini ASEAN beranggotakan sepuluh (10) negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.
Setiap negera anggota ASEAN memiliki beberapa persamaan dan perbedaan karakteristik fisik dan sosial. Kondisi tersebut mendorong negara-negara anggota ASEAN menjalin kerjasama sebagai bentuk interaksi antarruang. 

Letak Geografis



Letak Geografis wilayah Asia Tenggara berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Batas-batas wilayah Asia Tenggara sebagai berikut.
  1. sebelah utara : Tiongkok
  2. sebelah selatan : Samudera Hindia dan Australia
  3. sebelah barat : Samudera Hindia, Teluk Benggala
  4. sebelah timur : Papua New Guinea dan Samudera Pasifik
Sebagaian besar wilayah berupa laut dengan luas sekira 5.060.100 km persegi. Luas daratan wilayah negara-negara di Asia Tenggara sekira 4.812.000 km persegi. Kondisi tersebut menyebabkan negara-negara di Asia Tenggara memiliki hasil laut melimpah. Akan tetapi, terdapat satu negara anggota yang tidak memiliki kenampakan alam laut yaitu Laos.

Berdasarkan bentuk geografis, negara-negara di Asia Tenggara dapat dibagi menjadi empat tipe. Adapun keempat tipe tersebut sebagai berikut.
  1. Berbentuk hampir seperti lingkaran (compact), seperti Kamboja
  2. Berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah (fragmented), seperti Indonesia dan Filipina
  3. Berbentuk memanjang (elongated), seperti Vietnam
  4. Berbentuk lebih kompleks dan beragam, biasanya terdapat "tangan" yang memanjang (protuted), misalnya Thailand dan Myanmar.
Letak Astronomis

Berdasarkan letak astronomis, kawasan Asia Tenggara terletak pada 28 LU - 11 LS dan 93 BT - 141 BT. Sebagian besar wilayah negara-negara di Asia Tenggara terletak di belahan bumi utara dan berada pada lintang rendah. Kondisi tersebut menyebabkan sebagian besar negara Asia Tenggara beriklim tropis. Wilayah Myanmar bagian utara merupakan satu-satunya negara yang beriklim subtropis (karena wilayah tropis hanya sampai 23,5 Lintang Utara).

Negara-negara beriklim tropis mengalami dua musim sepanjang tahun, yaitu musim hujan dan kemarau. Sementara itu, negara-negara beriklim subtropis mengalami empat musim sepanjang tahun, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. perbedaan inilah yang mempengaruhi keanekaragaman kehidupan di negara-negara Asia Tenggara

Kondisi Keruangan Negara-Negara ASEAN

Wilayah negara-negara di Asia Tenggara terbagi menjadi wilayah daratan dan kepulauan. Kawasan Asia Tenggara daratan terdiri dari Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam dan Malaysia Barat. Wilayah Asia Tenggara kepulauan terdiri atas Singapura, Filipina, Malaysia Timur, Brunei Darussalam dan Indonesia. Perbedaan tersebut menyebabkan kenampakan alam negara-negara di kawasan Asia Tenggara beraneka ragam. Berikut ini link negara-negara ASEAN.
  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Singapura
  4. Filipina
  5. Thailand
  6. Brunei Darussalam
  7. Kamboja
  8. Laos
  9. Myanmar
  10. Vietnam


1 komentar: