Kondisi Alam Negara Indonesia



Lokasi
Indonesia merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Posisi letak astronomis Indonesia terletak pada 6 LU - 11 LS dan 95 BT - 141 BT. Secara geografis Indonesia berbatasan dengan
Utara : Malaysia
Selatan : Samudera Hindia
Timur : Papua New Guinea
Barat : Samudera Hindia
Ibukota Indonesia adalah Jakarta



Iklim
Letak wilayah Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia beriklim tropis. Oleh karena itu, Indonesia mendapatkan curah hujan yang tinggi dan penyinaran matahari sepanjang tahun. Indonesia memiliki iklim tropis dan dua musim utama yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki iklim laut. 



Topografi
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki topografi yang beragam. Wilayah laut Indonesia lebih luas daripada daratannya. Garis pantai Indonesia merupakan yang terpanjang di dunia setelah Kanada. Topografi di Indonesia antara lain pegunungan, dataran tinggi, perbukitan, lembah, danau dan sungai-sungai besar.
Pegunungan di Indonesia antara lain Bukit Barisan, Pegunungan Sewu, Pegunungan Menoreh, Pegunungan Tinggi Bone, Pegunungan Jayawijaya dan Pegunungan Meratus. Dataran tinggi di Indonesia antara lain Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Malang dan Dataran Tinggi Alas. Selain dataran tinggi, indonesia memiliki dataran rendah atau lembah. Dataran rendah di Indonesia antara lain terdapat di wilayah timur Sumatera, pantai utara Jawa dan pantai selatan Kalimantan.
Danau yang terkenal di Indonesia antara lain Danau Toba, Danau Bedugul, dan Danau Sentani. Sungai-sungai besar di indonesia antara lain Sungai Musi, Sungai Mahakam, Sungai Kapuas dan Sungai Memberamo



Geologi
Wilayah Indonesia memiliki dua deretan pegunungan besar, termasuk dalam Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Pegunungan Sirkum Pasifik membentang dari Sulawesi, Maluku, Papua dan Kepulauan Halmahera. Pegunungan Sirkum Mediterania yang membentang di Indonesia dibagi menjadi dua jalur/busur, yaitu busur dalam bersifat vulkanis dan busur luar bersifat nonvulkanis. Sifat vulkanis tersebut meningkatkan kesuburan tanah.
Indonesia dilalui oleh tiga pertemuan lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo Australia dan lempeng Pasifik. Secara geologis posisi ini menyebabkan Indonesia rawan gempa. Beberapa wilayah Indonesia yang rawan gempa. Beberapa wilayah Indonesia yang rawan gempa. Beberapa wilayah Indonesia yang rawan gempa yaitu daerah dekat dengan pertemuan lempeng tersebut seperti Sumatera, Jawa, Maluku dan Papua. Wilayah Indonesia kaya sumber barang tambang seperti minyak bumi, nikel, emas dan gas alam.



Flora dan Fauna
Wilayah Indonesia terdiri atas 3 bagian yaitu wilayah barat, tengah dan timur. Wilayah tersebut juga membagi persebaran fauna di indonesia. Wilayah bagian barat jenis faunanya mirip dengan kawasan Asia seperti orang utan, gajah dan harimau. Wilayah tengah faunanya merupakan endemik Indonesia seperti komodo, babi rusa dan anoa. Wilayah timur faunanya mirip dengan Australia seperti kanguru dan kuskus. jenis flora di Indonesia bagian barat berupa hutan hujan tropis. Sabana dan stepa dapat ditemukan di Indonesia bagian timur, khususnya wilayah Nusa Tenggara.



Kondisi Penduduk
Penduduk Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa. jumlah penduduk Indonesia menurut survei tahun 2019 268.074.600 Jiwa. Sejumlah penduduk tersebut tersebar ke seluruh penjuru daerah. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja di sektor agraris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar