Kondisi Alam Negara Australia


 


Lokasi
Benua Australia terletak pada koordinat 10 41' LS - 39 08' LS dan 113 09' BT - 153 38' BT. Batas-batas Australia adalah :
Utara : Laut Timor, Laut Arafura, Selata Torens dan Laut Koral
Selatan : Samudera Hindia
Timur : Laut Tasmania dan Samudera Pasifik
Barat : Samudera Hindia


Iklim
Berdasarkan letak lintang dan keadaan alamnya, iklim di Benua Australia dibedakan menjadi iklik tropis, subtropis, gurun, dan iklim laut sedang. Iklim tropis dialami oleh Australia bagian utara dan iklim lainnya berurutan mengikuti letak lintangnya. Australia bagian barat daya, selatan dan timur mengalami iklim sedang

Topografi
Bagian tengah Benua Australia didominasi oleh dataran rendah, terbentang dari sebelah selatan Dataran Tinggi Salwyn hingga Teluk Australia Besar. Wilayah ini memiliki padang rumput dengan kualitas terbaik. Ciri khas dataran rendah di Australia yaitu adanya Cekungan Artesis Besar (Great Artesian Basin) seluas sekira 1.735.300 km2.
Dataran tinggi timur merupakan jaringan plato, bukit, dan pegunungan rendah yang sejajar dengan pantai timur dan tenggara Benua Australia. Wilayah ini meliputi Pegunungan Biru dan Pegunungan Alpen Australia. Di sepanjang lereng barat wilayah ini terbentang daerah subur yang disebut Bulan Sabit yang subur. Plato barat besar ini berupa padang pasir, dataran tinggi dan pegunungan. Pada bagian utara plato ini terdapat Plato Kimberly yang kaya tambang emas. Di wilayah ini juga ditemukan batu kerikil terbesar di dunia bernama Ayers Rock atau batu uluru.

Geologi
Struktur geologi Australia tidak terlepas dari pengaruh proses pembentukannya. Australia termasuk pecahan dari Benua Gondwana. Potensi SDA Australia seperti minyak, gas alam, batu bara, bijih besi, intan, tembaga bauksit dan alumunium. Potensi batu bara Australia cukup besar sehingga menempati urutan kedua dunia setelah Republik Guinea.

Flora dan Fauna
Fauna khas Australia antara lain Kanguru, Koala dan kuskus. Flora khas di Australia adalah pohon eucalyptus. Pohon tersebut terdapat di Australia bagian timur. Sebagian besar wilayah Australia tertutup pada rumput hummock. Rumput Hummock berada di Australia bagian utara, barat dan selatan. hutan akasia dapat ditemukan di bagian Australia barat.



Kondisi Penduduk
Jumlah penduduk Australia sekitar 24,4 juta jiwa (2017). Wilayah Australia sangat luas sehingga penduduk tidak terlalu padat. Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan. Penduduk asli berasal dari suku Aborigin. Saat ini penduduknya merupakan campuran dari berbagai negara. Penduduk pendatang berasal dari Benua Eropa, Asia dan Amerika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar