Kondisi Alam Negara Mesir


 


Lokasi
Mesir merupakan negara yang terletak di kawasan Afrika Utara. Ibukota Mesir adalah Kairo. Posisi geografis Mesir yaitu 22 LU - 32 LU dan 25 BT dan 36 BT. Negara Mesir memiliki batas :
Timur : Terusan Suez, Laut Merah 
Barat : Libya
Utara : Laut Tengah
Selatan : Sudan


Iklim
Berdasarkan letak lintangnya, sebagian besar wilayah Mesir berada di daerah subtropis. Dengan demikian, tipe iklim di Mesir adalah iklim subtropis kering. Perbedaan suhu antara musim panas dan musim dingin sangat besar. mesir mengalami musim panas dan musim dingin. Musim panas berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober. Musim dingin berlangsung dari November hingga April.

Topografi
Kenampakan alam wilayah Mesir di dominasi beberapa gurun yang sangat kering. Wilayah Mesir dilewati oleh aliran Sungai Nil. Bagian barat terdapat Gutun Libya yang bagian utaranya terdapat daerah terendah yaitu Depresi Qattara. Di sebelah timur antara Sungai Nil dan Laut Merah berupa gurun-gurun yang sempit. Wilayah timur juga ditandai dengan dataran tinggi dan pegunungan. Pegunungan di sebelah timur adalah pegunungan Sinai dengan puncak tertingginya Gunung Kattrina (2.629 m dpl). Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil mengalir dari Sudan sejauh kurang lebih 1.500 km melintasi Mesir dan bermuara di Laut Tengah. Muara Sungai Nil membentuk delta yang sangat subur. Bagian selatan Sungai Nil dibangun bendungan yaitu bendungan Aswan


Geologi
Sebagian besar wilayah Mesir tertutupi lapisan batu gamping. Lapisan batu pasir berada di bawah lapisan batu gamping dan lapisan berikutnya berupa batuan malihan. Struktur geologi menyebabkan Mesir memiliki sumber daya alam melimpah. Sumber daya alam tersebut meliputi minyak bumi, gas alam, bijih besi, mangan, emas, gipsum, timah dan fosfat.

Flora dan Fauna
Flora yang tumbuh di Mesir merupakan tumbuhan yang mampu bertahan hidup di lahan kering. Contoh flora di Mesir yaitu pohon palem, kurma, kayu putih, akasia, cemara dan pohon lontar. Fauna yang dapat dijumpai seperti unta, domba, keledai, berbagai jenis burung, serta hewan reptil seperti ular dan buaya.



Kondisi Penduduk
Jumlah penduduk Mesir mencapai 98,7 juta jiwa menurut data 2017. Penduduk memilih tempat tinggal di daerah perkotaan, lembah dan delta Sungai Nil. Komposisi penduduk terdiri atas orang Nubin, orang Hamit dan orang Arab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar