Kondisi Alam Negara Inggris




Lokasi
Inggris merupakan negara yang terletak di kawasan Eropa Utara. Posisi atronomis Inggris terletak pada 50 LU - 60 LU dan 8 BB - 2 BT. Inggris memiliki luas wilayah sekitar 244.820 km2. Batas-Batas Wilayah Inggris :
Utara : Samudra Atlantik
Selatan : Selat Inggris
Timur : Laut Utara
Barat : Samudera Atlantik
Inggris beribukota di London



Iklim
Iklim di Inggris dipengaruhi oleh iklim laut sejuk dan basah karena di Inggris terdapat arus laut panas (glufstream). Suhu tertinggi di negara ini mencapai 38,5 C dan suhu terendah mencapai -26,1 C. Daerah beriklim subtropis memiliki 4 musim. Inggris mengalami hujan sepanjang tahun dengan curah hujan sekitar 1.000 mm/tahun.



Topografi
Kenampakan alam Inggris di bagian utara dan barat berupa kawasan pegunungan. Kawasan pegunungan tersebut meliputi dataran tinggi utara (Northen Highland) dipuncak Gunung Ben Nevis (1.343 m dpl) dan Gunung Merrick (843 m dpl). Dataran rendah tengah (Central Lowland) meliputi lembah sungai Clyde, Teluk Forth dan Teluk Tay. Wales (kawasan yang menjorok ke arah barat) meliputi Pegunungan Cambrian dengan puncaknya Gunung Snowdon (1.085 m dpl). Di daerah selatan dan timur Inggris berupa dataran bergelombang, di daerah tersebut terdapat Sungai Thames.



Geologi
Inggris terletak di dangkalan Eropa sehingga menjadi pulau kontinental. Sebagian besar batuan di Inggris merupakan batuan sedimen. Bagian barat dan utara wilayah ini mempunyai batuan yang lebih keras.

Flora dan Fauna
Flora yang terdapat di Inggris antara lain hutan pinus, pohon ek, padang rumput, hutan birch. Beberapa jenis fauna yang terdapat di Inggris yaitu beruang, rusa merah, belibis merah, ular berbisa, elang merah, rajawali emas.



Kondisi Penduduk
Jumlah penduduk Inggris pada tahun 2017 sekitar 66,4 juta jiwa. Pertumbuhan penduduknya relatih rendah sekitar 0,4%. Sebagian besar penduduknya tinggal di perkotaan. Daerah yang berpenduduk jarang seperti daerah Skotlandia, Inggris termasuk negara maju di Benua Eropa. Aktivitas ekonomi terpusat di sektor industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar