Kondisi Alam Negara Amerika Serikat




Lokasi
Amerika Serikat terletak di kawasan Amerika Utara. Letak Astronomis Amerika Serikat terletak pada 25 LU - 49 LU dan 66 BB - 125 BB. Luas wilayah Amerika Serikat sekitar 9,4 juta km2. Amerika Serikat memiliki bata wilayah :
Timur : Samudera Atlantik
Barat : Samudera Pasifik
Utara : Kanada
Selatan : Teluk Meksiko dan Meksiko
Wilayah Amerika Serikat terdiri atas 50 negara bagian dengan ibukotanya Washington DC


Iklim
Sebagai negara yang terletak di daerah subtropis, di Amerika Serikat berlaku empat musim, yaitu semi, panas, gugur dan dingin. Pada musim dingin biasanya banyak wilayah tertutup salju. Kondisi tersebut dimanfaatkan penduduk untuk bermain ski. Pada musim semi tumbuh bunga beraneka warna.


Topografi
Kenampakan alam di Amerika Serikat sangat beragam, mulai dari pegunungan, laut, air terjun, dataran berumput yang luas, gurun sampai gletser yang membeku. Kenampakan alam yang sangat terkenal antara lain sungai Mississipi, Air Terjun Niagara dan Lembah Grand Canyon.


Geologi
Amerika Serikat dilalui oleh sesar San Andreas di San Fransisco. Sesar ini merupakan patahan geser sepanjang 1.300 km dan menjadi batas tektonik antara lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara. Batuan metamorf mendominasi di kawasan Pegunungan Applachia dan Cordelillera


Flora dan Fauna
Flora di Amerika Serikat didominasi oleh hutan konifer (pohon berdaun jarum). Selain itu, terdapat padang rumput (praire) di perbatasan Kanada hingga sekitar Teluk Meksiko. Bentang alam gurun terdapat di bagian barat yang berbatasan dengan padang rumput. Hutan gugur setiap tahuan (deciduous forest) berada di bagian tenggara. jenis pohon di Amerika Serikat, misalnya pohon mapel, pohon ek, dan elm.
Fauna khas Amerika Serikat antara lain bison, antelop dan beruang. Fauna lain yang hidup di negara ini seperti domba dan rusa yang hidup di daerah pegunungan. Puma (sejenis macan) ditemukan di pesisi pasifik, Amerika Serikat bagian barat, Armadilo, Jaguar dan selot dapat ditemukan di daerah barat daya. Opassum, aligator dan buaya dapat ditemukan di daerah Amerika Serikat bagian selatan. Karibu, beruang putih dan anjing laut dapat ditemukan di kawasan Alaska


Kondisi Penduduk
Jumlah penduduk Amerika Serikat menduduki peringkat ketiga dunia. Posisi ini menjadikan Amerika Serikat memiliki kekuatan demografi yang berpengaruh bagi dunia. Menurut data tahun 2017 jumlah penduduk Amerika Serikat 326 juta jiwa. Penduduk asli berasal dari suku Indian dan Eskimo. Sejarah kependudukan negara ini berawal ketika orang-orang kulit putih dari daratan Eropa datang ke wilayah Amerika. Komposisi penduduk berubah setelah bertambahnya para pendatang. Mata pencaharian sebagian besar penduduk pada sektor nonpertanian seperti manajemen, profesional, teknik, manufaktur dan jas.







1 komentar: