Proses Pembentukan Benua




Alfred Wegener

Menurut Alfred Wegener, Benua menyatu menjadi benua besar yang disebut pangea. Pangea berasal dari bahasa Yunani yang berarti keseluruhan bumi. Kurang lebih 200 juta tahun yang lalu Pangea terpecah, sehingga membentuk Gondwana. Gondwana mulai terurai dan memisahkan diri adalah kutub selatan dan Australia, kemudian memisahkan diri lagi daratan Amerika, Afrika dan akhirnya Greenland serta Eropa. Dan terlihatlah benua-benua seperti sekarang.
Menurut Wagener, terdapat persamaan formasi geologi antara pantai timur Amerika dengan pantai barat Afrika dan Eropa. Sedangkan gerakan pulau Greenland menjauhi Eropa dengan kecepatan 36 meter per tahun dan Pulau Madagaskar menjauhi Afrika Selatan sejauh 9 meter per tahun


Pangea


Gondwana

Benua adalah bagian permukaan bumi yang berupa daratan yang sangat luas. Jumlah Benua di dunia ini ada beberapa versi. Sejumlah ahli Geografi berbeda pendapat tentang hal itu. Ada yang berpendapat 7 benua di dunia, sedangkan sebagian yang lain ada 6 dan 5 benua.
Yang berpendapat 7 benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia dan Antartika.
Yang berpendapat 6 benua membaginya atas Benua Eurasia (gabungan antara Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia dan Antartika
Yang berpendapat 5 benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia


1 komentar:

  1. Pak ulun mau nanya, kenapa benua itu di jadikan berbeda beda? Kenapa gk dijadikan satu seperti indonesia?

    BalasHapus